DIRUT PDAM DITUNTUT MUNDUR BILA PELAYANAN AIR MASIH COMBERAN

Demo LSM depan Kantor PDAM terkait Pelayanan
Air Bersih Dan Tenaga Tak Profesional
Grobogan Metro Realita Cyberthug
Meski sudah sering bermasalah karena pipa air rusak ,pelayanan air buruk, alasan pekerjaan infrastruktur tak memadai
namun PDAM Purwodadi masih Mbalelo.
Air produksi PDAM Grobogan sebenarnya sudah tidak layak diminun dengan alasan  karena kondisi pipa-pipa yang sudah tua semua pipa yang tertimbun rata-rata sudah mampet karena ada sejak zaman Belanda, serta ditambah faktor-faktor eksternal lainnya seperti kurangnya pengawasan dan perhatian di bak IPAL penampungan dan saringan PDAM sehingga menyebabkan kotor berbau.
Ketika air PDAM disalurkan sampai di rumah penduduk,air itu tidak lagi terjamin bisa bersih dan layak untuk masak atau mandi.

Penduduk Kabupaten Grobogan dibebani biaya  untuk membayar air yang kotor dan berbau padahal mancurnya muncrut muncrut tak dapat memuaskan penduduk.Meningkatkan profesional karyawan PDAM.Demikian antara lain disampaikan korlap LSM Purwodadi pernyataan sikap Giyanto di depan kantor PDAM pada Kamis Pagi(8/6) 2017 pukul 08.45 WIB 

PDAM memiliki lokasi pengolahan Air namun hasil olahan Instalasi Pengolahan PDAM mangkrak tak berfungsi dan tak bisa memuaskan pelanggan karena selain kotor air tersebut berbau.Air PDAM tersebut tak layak untuk diminum dan tak layak untuk dimasak atau mandi.

PDAM sebagai pelayanan masyarakat namun soal air memang tidak bisa main-main bahkan ada sanksi kalau ada pelanggaran terkait kualitas.Dirut PDAM Purwodadi mundur saja bila tidak bisa membina hubungan baik dengan Pemerintah dan Tokoh Masyarakat setempat,supaya ke depan semakin terjalin komunikasi yang baik, misalnya terkait pemasangan jaringan dan pelayanan air bersih layak minum,efektifitas dan efisiensi karyawan,membenahi segala permasalahan yang berkaitan dengan PDAM,apabila tidak mampu direktur PDAM diharap mundur dari jabatanya karena dana yang digelontorkan oleh rakyat untum PDAM milyaran rupiah,Dan uang rakyat harus dipertanggungjawabkan dengan sebuah kerja nyata bukan ongkang ongkang hanya menerima uang rakyat.
"ungkap Ngatiman

Darsono Kabag Tekhnik PDAM Purwodadi mengatakan."mengatasi air keruh dan kotor dengan cara mbangun ipal lagi padahal ipal masih berfungsi namun kurang bagus.Pipa jaman belanda sebagian kecil sudah diganti namun kotoran dan kerak yang menempel di dalam dalam pipa belum bisa hilang dan,sumber mata air dari pegununungan tidak bisa masuk kota seperti sumber selonjari,sumber jatipohon sehingga debit air menurun terlebih disebabkan oleh hutan yang gundul.Pipa lama jaman belanda hingga saat ini belum diganti karena jalur pipa jaman belanda hingga saat ini letaknya belum diketahui,untuk jalur jalur Gajahmada,sampai Nglejok pasar sudah diganti pipa yang baru.Karena saya  orang baru jadi saya tak mengerti denah lokasi keberadaan pipa dan aliran airnya."Ungkap Darsono kabag Tekhnik.

Terkait dengan alasan ada kebocoran pipa dan aliranya berkurang beberapa hari lalu ,ternyata PDAM hanya main bongkar jalan dan main kira kira sehingga menyebabkan jalan berlubang dan mengganggu kenyamanan pengendara,"ternyata setelah saya bongkar tak ada kebocoran pipa dan kemarin di simpanglima hanya rembesan air dari lapisan aspa dibawah cor,air genangan tersebut berasal antara aspal dan cor.Dia menyebutkan, ada banyak faktor yang menyebabkan kualitas air PDAM bisa berubah sepanjang perjalanan puluhan kilometer melalui pipa-pipa di bawah tanah, di antaranya faktor kebocoran pipa yang bisa jadi disebabkan alam, pekerjaan infratruktur, dan lainnya."imbuh Darsono

Hingga saat ini PDAM belum bisa meningkatkan kualitas dan pelayanan hal ini terbukti air yang sampai di rumah pelanggan bisa benar-benar kotor berbau seperti air comberan.
Orasi dilapangan menunjukkan bahwa kesabaran masyarakat sudah mulai turun sehingga terjadi demo depan kantor PDAM.Hingga saat ini dinilai PDAM Purwodadi bslum ada niat bersama-sama untuk terus melakukan perbaikan serta memanfaatkan memfungsikan karyawan PDAM  yang baru direkrut untuk lebih profesional.PDAM Purwodadi dituntut menyesuaikan tarif meski air anugerah Allah yang diambil dari sungai namun untuk menyalurkan dan mengolah harus menjadi lebih  bersih hingga mendistribusikan ke rumah penduduk,sesuai Permendagri No 71 Tahun 2016, sebenarnya PDAM dapat melakukan evaluasi tarif setiap tahun.PDAM Grobogan harus melakukan penyesuaian tarif. Itu semata-mata untuk meningkatkan kualitas air dan pelayanan pelanggan.
Dengan kenaikan tarif PDAM harus mempertimbangkan kenyamanan pelanggan dan tidak hanya untuk menyuburkan tenaga rekrutmen yang baru.(Bagus Murgan)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

INFORMASI GROBOGAN