Makam Keramat Buyut Setro Tegal Sumur Brati Dibangun Oleh Dana Pribadi

MAKAM.KERAMAT BUYUT SETRO
Lokasi Tegal Sumur Brati Grobogan
Grobogan Metro realita Cyber
Jalan Desa Tegalsumur kondisinya sampai saat ini masih memprihatinkan bahkan berupa batu karang tajam yang runcing,anehnya bertahun tahun belum tersentuh Pemkab Grobogan.
Padahal di Dusun Kwarungan Desa Tegalsumur Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan terdapat makam leluhur "buyut setro" yang dikenal sebagai makam keramat adat dilingkungan Desa Tegalsumur Brati.
Meski kondisinya memprihatinkan dan lama tak tersentuh pembangunanya maka "makam buyut setro" kemudian dibangun oleh tokoh masyarakat sejak tahun 2016,yang didanai o
oleh dana pribadi perorangan yang tak mau disebut namanya.
Makam Buyut Setro dibangun mulai dari pondasi yang melingkar kemudian disusun pagar pembatas dengan ketinggian 7 meter dari bahu jalan hingga finishing dan pengecatan.
alhamdulillah mas semua berjalan lancar semua untuk kebersamaan dan kepentingan umum,dahulu makam ini selalu longsor bila musim penghujan karena diatas bahu jalan yang tanahnya merah serta tinggi,sejak dipasang pondasi mulai titik nol dan dibuatkan saluran air makam ini sudah tak lagi longsor,"ungkap LSM juga tokoh masyarakat yang tak mau disebut namanya.
Kami juga berharap agar kedepan jalan desa penghubung antara Tegalsumur menuju Dukuh dan Desa lain segera diperbaiki karena selain licin dari batu batuan dan banyak kubangan selain ini  juga jalan trrsebut sangat gelap dan berbahaya bagi yang melewatinya"tambahnya
Fenomena pergerakan pembangunan jalan dusun Kwarungan menuju Desa Katekan nampaknya belum tersentuh pembangunanya,hal ini membuat warga cemas dan takut kecelakaan bila keluar malam hari.
Padahal Desa Tegal sumur adalah potensi pertanian yang dapat penopang hasil buah dan hasil kebun terbesar di Kabupaten Grobogan.Desa Tegal sumur memiliki 6 dukuh 1 Krajan seperti dukuh Kwarungan,Mlirian,Gedong,Jambean ,Gebang dan Dukuh Sokuning,
Desa Kwarungan menuju Desa Katekan masih berupa batu terjal yang kondisinya tidak rapi sehingga dapat bahayakan kendaraan bermotor bila dilewati,bahkan bila ada mobil yang lewat akan meledak banya karena batu jalan sangat runcing dan tajam.Padahal jalan tersebut satu satunya jalan penghubung antar Desa lain,bahkan bila malam hari nampak gelap dan tak satupun lampu penerangan jalan yang terlihat menyala.
Bertahun tahun hingga saat ini minggu (27/11) pukul 18.30 WIB Kondisi Desa Tegalsumur sangat memprihatinkan sehingga warga berharap agar pejabat membuka mata dan telinga untuk melihat kondisi dilapangan.
Fakta yang ada Desa Tegal sumur di Kecamatan Brati sangat makmur dan dikenal diantero jagad raya merupakan Desa penghasil Buah duren ,sawo,Rambutan, kelapa ,nangka dan buah buahan lainya tumbuh dan berbuah di desa ini,karena desa ini memiliki tanah merah yang kuwalitasnya subur.
Ini merupakan kekayaan alam dan potensi wisata dalam sejarah di Kabupaten  Grobogan bahwa pengembangan sektor fasilas umum terutama jalan harus segera di bangun karena sudah bertahun tahun tanpa tersentuh oleh Pemkab Grobogan.(Gus Murgan)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

INFORMASI GROBOGAN