Sedekah Bumi Menjamas Bende Becak di Sendang Pasiraman Brati Dengan Agenda Motong Kerbau Dan Hiburan Dangdut

Grobogan Metro Realita 
acara penjamasan Bende Becak Desa Katekan Dukuh Pasiraman Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan akan dilaksanakan Besuk Jum'at Pahing (18/11) di rumah Purwono (45)warga Dukuh Pasiraman Brati.
Konon Bende Becak ditemukan oleh warga dan hingga kini telah dirawat oleh warga sehingga telah berjalan turun temurun memiliki kekuatan yang sakral diyakini mendatangkan barokah bagi warga sekitarnya seperti pertanian yang dubur dan dijauhkan dari malapetaka atau bencana alam.
Ritual akan dilaksankan pada pagi hari dengan acara memotong kerbau satu ekor yang kemudian dilanjutkan dengan menjamas Bende Becak yang dianggap keramat tersebut keliling kampung kemudian dimandikan ke sendang yang letaknya di Pasiraman Brati.
Pak Din Warga Pasiraman Katekan Brati
Agenda acara akan dilanjutkan pada pukul 09.30 WIB dengan hiburan dangdut ,yang sudah dipersiapkan dengan ukuran panggung  besar dengan artis lokal terkenal di Kabupaten Grobogan.
Setelah melakukan tradisi iringan Bende becak di bawa kesendang kemudian baru setelah dimandikan ,konon air dari Bende becak dapat membawa berkah.
Warga Desa Pasiraman Brati Din (34) mengatakan ,"acara ritual besok pagi maksudnya adalah menjamas benda bende becak peninggalan sejarah pada masa abad lampau,bende becak tiap tahun yang ditempatkan pada posisi tengkurap rencana besok akan dibalik menengadah keatas,kemudian akan digunakan untuk mengambil air dari sendang yang terdekat didesa ini.
Biasanya setelah dijamas setahun sekali bende becak yang awalnya tengkurap setelah dibuka menengadah keatas akan timbul isinya berbeda seperti tasbih, dan beberapa benda yang akan timbul setiap tahun sekali lain bahkan Bende Becak diyakini oleh masyarakat khusunya petani bosa membawa berkah bagi kesuburan tanah dan tanamanya."ungkap din.
Upacara Adat sedekah bumi Menjamas dan memandikan  sebuah pusaka bewujud bende peninggalan dari kerajaan Demak, yang dilakukan setahun sekali pada hari Jum’at Pahing bulan Sapar di Dusun Pasiraman, desa Kathekan, Kec. Brati sebagai perwujudan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.(Bagus Murgan)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

INFORMASI GROBOGAN