DOKTER HEWAN SIDAK MENGHADAPI IDUL ADHA TERKAIT KESEHATAN HEWAN QURBAN

drh.Riyanto Kadinas Peternakan Kabupaten Grobogan
Grobogan Metro Realita
Dalam menghadapi hari idul adha 1437 di 10 bulan masehi tepat pada 10 dzulhijah kepala dinas peternakan dan perikanan kabupaten Grobogan drh.Riyanto hari ini (7/9) sidak di berbagai wilayah Gribogan untuk memantau pelaksanaan hewan yang akan dikorbankan.
Sebelum pemantauan
dilapangan beberapa hari lalu di aula dinas peternakan sudah mengundang petugas mudin dan panitia pemotongan hewan qurban, sebanyak 50 orang untuk dibekali pengetahuan dan tata cara menyembelih hewan yan baik dengan sistim Borlay
drh.Riyanto mengatakan ,”cara menjatuhkan hewan yang akan dipotong haruslah dengan diikat kakinya dan sekali tarik hewan tersebut sudah jatuh,hewan yang akan diqurbankan tak boleh stres,dan akan selalu kami periksa lewat UPTD dimasing masing kecamatan untuk melihat kondisi hewan tersebut,seperti ternak tak boleh diqurbankan bila memiliki penyakit menular antrak,tak cacat,TBC,Kuku ,Gigi membengkak ,cacat tanduknya,serta umurnya sudah cukup.”ungkap dr.Riyanto
Dalam penyembelihan binatang harus ditentukan jenis dan syaratnya, ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.Idul Adha sering juga disebut dengan istilah Hari Raya Qurban yang dikenal dengan Udhiyyah, yang artinya binatang tertentu yang disembelih pada waktu Idul Adha.”imbuhnya.
Hewan qurban harus berasal dari jenis binatang ternak dan tidak memiliki cacat dalam fisik tubuhnya seperti rusak matanya, dalam keadaan sakit, berfisik pincang.bahkan umur hewan seperti Domba yang telah mencapai umur dua tahun lebih atau gigi domba telah berganti. Kambing yang telah berumur dua tahun lebih. Unta yang mencapai umur lima tahun lebih. Sapi atau kerbau yang telah berumur dua tahun lebih.

Hingga sampai saat ini Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan sudah terus menerus  mengadakan kegiatan dan sosialisasi tentang tata cara menyembelih hewan qurban diaula dinas tersebut..”(gus Murgan)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

INFORMASI GROBOGAN